Selasa, 11 Maret 2014

artikel tentang penggolongan salep

Konsistensi sediaan salep : Penggolongan dasar salep : Bentuk poliglikol : hal yang diperhatikan dalam memilih dasar salep



Konsistensi dari sediaan salep(cream, pasta, cerata, dan lain-lain)
Jawab :-Unguenta,adalah salep yang mempunyai konsistensi seperti mentega, tidak   mencair pada suhu biasa tapi,mudah dioleskan tanpa memakai tenaga.
             -Cream, salep yang banyak mengandung air, mudah diserap kulit.
             -Pasta, suatu salep yang mengandung lebih dari 50% zat padat serbuk.
             -Cerata, suatu salep yang mengandung presentas tinggi lilin(waxes)
             -Jelly, suatu salep yang lebih halus
2.  Penggolongan dasar salep!!!
Jawab : -Dasar salep hidrokarbon, dasar salep ini sebagai dasar salep berlemak,antara lain  vaselin putih. Dasar salep hidrokarbon digunakan sebagai emolien, sukar dicuci, tidak mengering dan tidak berubah dalam waktu lama.
              -Dasar salep serap, terbagi atas dua yang pertama dasar salep yang dapat bercampur dengan air membentuk emulsi air dalam minyak(paraffin hidrofilik,adeps lanae), sedangkan yang kedua terdiri atas emulsi air dalam minyak yang dapat bercampur dengan sejumlah larutan air tambahan(lanolin).
             -Dasar salep yang dapat dicuci dengan air, dasar salep ini dinyatakan sebagai dapat dicuci dengan air, karena mudah dicuci dari kulit atau dilap basah sehingga lebih dapt diterima untuk dasar kosmetika.
            -Dasar salep larut dalam air, dasar salep ini disebut dasar salep tak berlemak dan terdiri dari konstituen larut air atau lebih tepatnya disebul gel.
3. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih dasar salep!
             Jawab :  khasiat yang diinginkan, sifat bahan obat yang dicampurkan, ketersediaan hayati,     stabilitas, dan ketahanan sediaan jadi, tapi terkdang kita juga perlu menggunakan dasar salep yang kurang ideal untuk mendapatkan stabilitas yang diinginkan.
4. Poliglikol(bentuk-bentuknya, konsistensinya)!
           Jawab : Poliglikol-400, berbentuk cairan kental jernih; Poliglikol-1000,berbentuk massa seperti salep; Poliglikol-1500, berbentuk licin; Poliglikol-4000, berbentuk serbuk licin putih atau potongan putih kuning gading; Poliglikol-6000, berbentuk serbuk licin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar